Benteng Pendhem|Riwayatmu Kini

350 tahun lamanya Belanda menjajah Indonesia, dan 350 tahun pula rakyat Indonesia berjuang untuk mempertahankan tanah air. Untuk mengahdapi perlawanan rakyat Indonesia, belanda membangun benteng-benteng di berbagai tempat sebagai tembok pertahanan. Tak terkeceuali di Kabupaten Ngawi, Van den Bosch mendirikan sebuah benteng megah, yang sekarang dikenal dengan nama Benteng Pendhem.

Letak benteng yang satu ini mungkin cukup strategis pada jaman dahulu, mengingat letaknya tepat di tepi sungai bengawan solo yang mungkin pada waktu itu merupakan jalur perdagangan.

Melihat ke belakang tentang sejarah benteng ini, ada potensi wisata yang sangat besar dalam kategori wisata sejarah, tapi sayang saat ini benteng itu di biarkan begitu saja, tidak terawat dengan baik, sepi dan menyeramkan.

Andaikan benteng pendhem di pugar menjadi wisata sejarah, pasti Ngawi tambah rame, asyik, dan ………gitu. Banyak sekali masyarakat Ngawi yang menginginkan Benteng tersebut di pugar. dan ini juga menjadi tambahan PR bagi bupati terpilih kabupaten ngawi. Semoga benteng pendhem bisa secepatnya dipugar untuk Kabupaten Ngawi yang lebih baik dan ingat JASMERAH(JAngan Sekali-kali MElupakan sejaRAH)!!!!

22 thoughts on “Benteng Pendhem|Riwayatmu Kini

  1. Kl ditanah kelahiran saya ada benteng, namanya benteng Kuto Besak, dan sekarang sudah dipugar oleh Pemda Sumsel, benteng ini terletak persis didepan sungai Musi, dan didepan benteng tersebut sekarang dijadiin area rekreasi yang mantap….

    Mudah2an pemda Ngawi bisa mencontohnya ya sob…

  2. Ping-balik: Monumen Soerjo « NGoPi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s